Kunjungi BPBD, PKS Sumut Siap Sinergi Tanggulangi Bencana

Read Time2 Minutes, 0 Seconds

Dewasa ini wilayah Indonesia selalu dirundung beberapa bencana khususnya disebabkan oleh alam baik itu dari beberapa sektor seperti hidrologi dimana kekurangan air baku pada musim kemarau dan berlimpahnya debit air ketika periode musim hujan, yang menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Dari sektor Hidro meteorologi maju mundur nya awal musim baik hujan maupun kemarau dan lamanya periode musim, sehingga meningkatkan potensi cuaca dan iklim ekstrim yang berdampak pada kerugian jiwa maupun materil dihampir semua sektor kehidupan masyarakat.

Ada lagi sektor hidrogeologi, penyebaran dan pergerakan air tanah menjadi sangat penting untuk potensi luapan daerah irigasi dan tanah longsor ketika periode musim hujan.

Mencermati fenomena-fenomena tersebut, Pos Penanggulangan Bencana (P2B) PKS berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara yang bertempat di Jalan Medan-Binjai KM 10,3 No 8 dalam rangka silaturrahim dan membangun kerjasama penanggulangan bencana, Rabu (25/09/2019).

Tim P2B PKS Sumut terdiri Abdul Aziz, Amri Damanik, Syahrial,Ismalik dan zulfikar diterima Kepala BPBD Dr. Ir. H. Riadil Akhir di ruang kerja nya didampingi Sekretaris Ibu Rita dan staf. Banyak hal yang disampaikan Kepala BPBD terkait koordinasi, pelatihan,dan kerjasama dengan berbagai elemen.

“Kami membuka pintu secara lebar bagi anak bangsa yang ingin ikut membantu dalam hal penanggulangan bencana dan kami siap memberikan pelatihan dan meminjamkan alat-alat kami,” ujar beliau.

Riadil melanjutkan, ada tiga tahapan penanggulangan. Pertama Pra Bencana, yakni pada kondisi situasi ini perlu adanya kegiatan-kegiatan berbagai pihak terkait kesiap siagaan, peringatan dini dan mitigasi bencana.

Kedua, Tanggap Darurat yakni sistem peringatan dini menjadi bagian penting dari mekanisme kesiapsiagaan masyarakat, karena peringatan dini bisa menjadi faktor kunci yang menghubungkan antara tahap kesiap siagaan dengan tanggap darurat.

Ketiga, Pasca Bencana yakni pada kondisi ini dipelajari langkah apa yang dilakukan oleh berbagai pihak terkait upaya untuk mengembalikan tatanan masyarakat seperti sebelum terjadi bencana.

Ketua Bidang Kepemudaan dan Olahraga PKS Sumut, Amri Damanik menyampaikan apa yang dijelaskan oleh Kepala BPBD merupakan ilmu yang bermanfaat. Ia mengaku siap bersama teman-teman P2B membantu tugas BPBD di lapangan dan juga siap mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh BPBD di waktu mendatang.

“Ilmu dan informasi yang disampaikan Pak Riadil tadi menambah wawasan kami terkait penanggulangan bencana. Semoga di waktu mendatang kerjasama dengan BPBD Sumut terwujud,” terang praktisi bela diri ini.

Abdul Aziz sangat mengapresiasi pertemuan ini, terlebih lagi nanti ada tindakan nyata dalam bentuk Letter of Intent antara PKS Sumut dengan BPBD serta menyambut gembira tawaran mengikuti jambore akhir bulan Oktober ini. “kami akan ambil bagian dalam acara tersebut,” ujar aziz.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close