Berita Terkini

Menu

DPR Berperan Menguatkan Fungsi BNP2TKI


sumut.pks.id, BINJAI - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendukung penuh kegiatan sosialisasi ke masyarakat tentang penggunaan jalur resmi yang akan bekerja ke luar negeri. Hal ini disampaikan dalam paparannya kepada para peserta pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang digagas oleh Lembaga Baitul Hijrah Kota Binjai bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI, Ahad (27/8).

Panitia penyelenggara kegiatan Fitra Syamsurizal selaku Ketua Lembaga Pendidikan Baitul Hijrah dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa hal seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkhusus masyarakat di Kota Binjai.

“Kami menginginkan masyarakat cerdas dalam mencari nafkah, memiliki skill dalam bidang pekerjaannya, memahami dampak buruk dari pekerjaan yang di tekuninya. sosialisasi prosedur penempatan tenaga kerja luar negeri ini adalah wadah yang pas untuk kami bisa mendapatkan info dan data valid” ujar Fitra. Kegiatan yang dikemas dalam diskusi panel ini dihadiri oleh 60 orang peserta yang terdiri dari ibu PKK, masyarakat umum, LSM serta perangkat desa yang ada di Kecamatan Binjai Selatan.

Kegiatan sosialiasasi dibuka Anshori Siregar, yang menyatakan DPR berperan menguatkan fungsi BNP2TKI, dan mengharapkan agar masyarakat ikut mendukung peranan dari BNP2TKI.

“Calon TKI masih sering dihantui oleh praktik jual beli job yang membebankan dari pihak agensi. Pasalnya seringkali pihak agensi meminta biaya kepada Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) setelah TKI bekerja ke luar negeri. Target kita jelas, kita ingin tekan cost serendah mungkin. TKI tidak boleh dibebani biaya yang tidak lazim. Jadi biaya harus semurah mungkin. Jual beli job order ini sepenuhnya dikendalikan oleh PPTKIS dan agensi. Jadi dalam menyelesaikan masalah ini kami berharap pemerintah fokus pada pembinaan PPTKIS,” ungkap Anshory Anggota Komisi IX DPR RI dalam sosialisasinya.

Kegiatan yang menghadirkan Direktur Kerjasama dan Verifikasi Dokumen Penempatan BNP2TKI Dr. Haposan Saragih, Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan dan Pemberdayaan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Medan Drs. M. Rizal Saragih. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Binjai yang di wakili oleh Bapak Sumarno.

Dalam pemaparan narasumber ke dua dari BNP2TKI menyatakan bahwa bekerja menjadi TKI di Luar Negeri harus menjadi pilihan ke dua. Pilihan pertamanya adalah bekerja di dalam Negeri.

"Menurut saya lebih baik bekerja di dalam Negeri, bisa membangun negeri sendiri. Kalau bekerja di Luar Negeri itu membangun negara lain. Saya lebih senang agar bisa bekerja di dalam Negeri menjadi pilihan pertama," papar Haposan Saragih di Binjai Estete Kecamatan Binjai Selatan.

Ia mengatakan untuk menjadi TKI harus melalui prosedur yang benar tidak boleh tertipu, jangan sampai menjadi masalah dan berangkat tanpa melalui prosedur. Intinya jika ingin menjadi TKI carilah informasi yang benar bisa di website BNP2TKI atau datang ke BP3TKI Medan di jalan Pendidikan No 357 Mariendal. Haposan juga menegaskan bagi yang masih menganggur silahkan bekerja di Luar Negeri tapi itu hanya pilihan ke dua, pilihan pertama tetap bekerja di dalam Negeri. Bekerja di Luar Negeri ada aturannya, harus mengikuti prosedur yang benar dan diingatkan akan lebih baik lagi jika yang bekerja ke luar negeri adalah bapak-bapaknya/laki-lakinya, sedangkan ibunya bisa mengurus keluarga di rumah.

Dalam kesimpulan sosialisasi ini Anshory berharap kepada masyarakat agar bisa memahami prosedur dan mekanisme menjadi TKI. TKI di Luar Negeri menjadi tangggung jawab BNP2TKI dan Kementerian Luar Negeri. Ada sekitar 6 juta TKI berada di Luar Negeri, dulu yang paling banyak pekerja rumah tangga di Saudi Arabia, Qatar, dan Negara Timur Tengah. Di Asia Fasifik juga banyak TKI baik yang resmi maupun non prosedural. TKI non prosedural sering menjadi masalah, mereka telah meninggalkan suami dan keluarga. Ini yang menjadi masalah dan membuat pemerintah pusing. Jangan anggap ini persoalan sederhana ini persoalan serius dan harus ditangani. Terus dipikirkan oleh pemerintah, agar semua masalah TKI menjadi clear. Ada banyak persoalan dan ini perlu diselesaikan masalah secara bersama-sama. [Hr]

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

1 komentar to ''DPR Berperan Menguatkan Fungsi BNP2TKI"

ADD COMMENT
  1. PERTAMA SAYA INGIN MENYAPA SEMUA PENGUNJUNG SITUS INI DENGAN KATA ASSALAMU ALAIKUM WR WB, SALAM KEPADA SEMUA SAUDARA2,MAAF SEBELUMNYA MAKSUD DAN TUJUAN SAYA HANYA INGIN BERCERITA SEDIKIT TENTANG PENGALAMAN SAYA BERSAMA KELUARGA BESAR SAYA,INI BUKAN REKAYASA ATAU PUN CERITA KARNA INI BENER BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

    Perkenalkan saya MBAK FITRI SULISTIAWATI saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKI atas bantuanya angka ghoib yang aki berikan kepada yaitu (9135) benar-benar tembus 100%, mohon maaf AKI ini pengalaman saya…waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka jitu…dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar mampus dalam hati kecil saya….dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk ,hingga akhirnya saya di kasih info kepada teman saya untuk menjadi member AKI MUPENG,dan ternyata angka ritual ghoib yang AKI kirim kepada saya ternyata jitu..akhirnya terbayar hutang saya ini dan akhirnya saya Membeli 1 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalaman saya…bagi anda yang mau mencoba angka ghoib dari AKI MUPENG silahkan hub/sms di nomor (''0852-9445-0976''),atau KLIK DISINI ngak usah ragu-ragu…karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI MUPENG.

    • Angka;GHOIB: singapura KLIK DISINI

    • Angka;GHOIB: hongkong KLIK DISINI

    • Angka;GHOIB; malaysia KLIK DISINI

    • Angka;GHOIB; toto magnum KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB; laos… KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB; macau KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB; sidney KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB: vietnam KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB: korea KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB: brunei KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB: china KLIK DISINI

    • Angka”GHOIB: thailand KLIK DISINI


    BalasHapus

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM