Berita Terkini

Menu

Kecurangan UN Masalah Akut Merusak Moral Bangsa


sumut.pks.id, MEDAN - Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara Syamsul Qodri menyatakan kecurangan yang terjadi dalam Ujian Nasional (UN) merupakan masalah yang akut dan merusak moral bangsa. Karena itu pihak-pihak yang terbukti terlibat harus diberikan sanksi yang tegas.

“Masalah ini (kecurangan UN–red) merupakan masalah akut, penyelesaiannya harus menyeluruh. Perlu ditanamkan moral kepada anak mengenai kecurangan-kecurangan yang terjadi saat UN,” tutur politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu kepada wartawan di Gedung Dewan, Selasa (5/4/2016).

Hal ini diungkapkan Syamsul Qodri menanggapi ditemukannya kertas diduga kunci jawaban saat pelaksanaan UN di SMAN 2 Medan, saat Ombudsman Perwakilan RI melakukan sidak ke sekolah negeri tersebut pada hari pertama pelaksanaan UN, Senin kemarin.

Menurut Syamsul Qodri, kecurangan dalam UN sama dengan melakukan korupsi. Jika dibiarkan akan merusak moral bangsa.

Selama 10 tahun pengalaman mengajar, kata Syamsul, dia meyakini semua pihak saling terkait dalam kecurangan UN tersebut, mulai dari Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah hingga guru-guru.

“Kepala sekolah berkepentingan menjaga reputasi sekolahnya, jika murid tidak lulus maka reputasi sekolahnya bakal turun. Caranya ya mereka membagi kunci jawaban kepada murid-muridnya, tutur Syamsul.

Namun dia tidak menampik masih ada juga murid-murid yang bersifat idealis, tidak mau ditawari berbuat curang.

”Ini harus dihentikan karena berdampak pada kemampuan intelektualnya, dan kecurangan ini harus dihentikan karena berdampak buruk pada dunia pendidikan,” ujar Syamsul Qodri.

Guna menghindari kecurangan pada UN, kata Syamsul Qodri. Kedepan hendaknya pemerintah merubah mindset dunia pendidikan tidak hanya pada kelulusan tapi lebih mengutamakan kualitas lulusan.

Meski memandang Ujian Nasional tetap dibutuhkan untuk melihat tingkat kelulusan siswa, namun Syamsul Qodri melihat ujian itu lebih efektif dilaksanakan secara lokal mengingat mutu pendidikan dan SDM tenaga pengajar termasuk infrastrukturnya tidaklah sama. [tobasatu]

 

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Kecurangan UN Masalah Akut Merusak Moral Bangsa "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM