Berita Terkini

Menu

Dorong Industri Kreatif Baru, Bekraf Perlu Edukasi Masyarakat


sumut.pks.id, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih menilai Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) perlu melakukan edukasi kepada masyarakat untuk mendorong lahirnya industri-industri kreatif yang baru.

Sebab, bonus demografi yang terjadi pada tahun 2020 mendatang, perlu diimbangi dengan kesiapan dari masyarakat dalam upaya agar industri tersebut mampu mengalami pertumbuhan.

“Masyarakat perlu diedukasi, terlebih para orang tua dan siswa agar tahu bahwa sekarang banyak ragam profesi baru yang bisa menjadi alternatif dalam memperoleh sumber penghidupan,” ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X dengan Bekraf di DPR, Kamis (28/4).

Legislator PKS dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX ini juga menegaskan seharusnya industri kreatif yang berkembang saat ini tidak terbatas pada sektor kuliner dan fashion saja.

“Industri sangatlah luas dan tidak terbatas pada kuliner dan fashion saja, tetapi juga kerajinan, game, musik, perangkat lunak, periklanan hingga industri berbasis sosial media juga perlu dikembangkan,” jelas Fikri.

Selain itu, Fikri juga menyoroti banyaknya televisi yang menayangkan tayangan yang diimpor dari India maupun Turki. Menanggapi fenomena tersebut, Fikri mendorong agar Bekraf juga berfokus pada industri kreatif berbasis ekspor agar lebih berkontribusi secara siginifikan bagi perekonomian dan budaya Indonesia.

Diketahui, dalam RDP ini Komisi X DPR RI juga mendorong Bekraf untuk lebih meningkatkan fasilitasi kepada pelaku ekonomi kreatif, seperti advokasi atau pendampingan, permodalan, proses sertifikasi, dan proses pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

“Hal itu agar produk ekonomi kreatif lebih dan meningkatkan kemanfaatan ekonomi,” jelas Fikri. [pks.id]


Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Dorong Industri Kreatif Baru, Bekraf Perlu Edukasi Masyarakat "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM