Berita Terkini

Menu

PKS Tagih Kualitas Guru yang Tak Kunjung Membaik

sumut.pks.id, JAKARTA - Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dinilai masih kedodoran oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Masih banyak oknum yang menyalahgunakannya demi kepentingan pribadi dan cenderung menggampangkannya.

"Kebijakan meningkatkan kemampuan guru melalui program sertifikasi adalah kebijakan dengan niat dan maksud mulia dan negara telah mengerahkan sumber daya dana dan upaya yang sangat luar biasa. Hanya saja masih banyak tangan yang 'bermain-main' dan menggampangkan," kata Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat DPP PKS Fahmi Alaydroes melalui keterangan tertulis yang diterima Antara menunjukkan guru-guru tersertifikasi belum memperlihatkan peningkatan kapasitas memadai.

Penelitian ini diperkuat dengan data hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) pada 2014 yang menunjukkan 43,3 persen guru di Indonesia memiliki skor di bawah 60 dari total skor 100.

"Kebijakan ini telah dikebiri sejak dini, dan pihak-pihak tertentu hanya mengejar keuntungan materi dan bermain-main pada tataran administratif saja. Berarti segala pengerahan sumber daya dan upaya jadi sia-sia," tutur Fahmi.

Oleh karena itu, dia mendesak adanya pengawalan dan pengawasan agar implementasi kebijakan berjalan efektif. Ia mendorong semua pihak berperan mengawasi jalannya kebijakan pemerintah terkait guru dan bidang pendidikan.

"Peran semua pihak sangat diperlukan, terutama dari legislatif, yang bertugas dan digaji untuk mengawasi jalannya kebijakan pemerintah. Saatnya kita semua harus bekerja ikhlas, bekerja keras, dan bekerja cerdas demi meningkatkan harkat dan martabat guru," kata dia.

Apa lagi, Rabu (25/11) Indonesia akan memperingati Hari Guru Nasional. Sudah saatnya kebijakan terkait guru yang belum bisa dilaksanakan maksimal bisa terus diperbaiki.

Sebab, ujar Fahmi, kebijakan yang berpihak akan melahirkan guru-guru yang layak. Sebaliknya, kebijakan yang abai akan melahirkan guru-guru yang lalai. [rimanews]

 

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " PKS Tagih Kualitas Guru yang Tak Kunjung Membaik "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM