Berita Terkini

Menu

Musda PKS, Pilkada 2017 dan Menanti Godot


sumut.pks.id, Sebuah suksesi kepemimpinan partai politik, terlebih berjarak tak jauh dari pilkada, sangat rentan akan konflik dan intervensi. Tapi itu tak terjadi pada PKS. Mengharapkan terjadinya perpecahan di dalam tubuh partai dakwah ini sama saja kita sedang menanti Godot.

Ambil contoh Musyawarah Daerah (Musda) ke-4 PKS Kabupaten Bekasi yang akan dihelat Ahad, 25 Oktober di Hotel Sakura, Cikarang Pusat. Tak terdengar persaingan antar kubu. Sunyi senyap. Justru yang ramai di media sosial adalah soal Senam Nusantara yang akan berlangsung di beberapa tempat untuk memeriahkan musda.

Berbeda jauh jika partai politik lain yang akan menggelar acara serupa. Suasananya panas. Persaingan antar kubu terlihat jelas. Dan biasanya saat musda berakhir muncul partai sempalan atau nada kecewa dari pihak yang kalah.

Perhelatan Musda PKS ke-4 Kabupaten Bekasi sejatinya punya potensi konflik sangat besar karena berdekatan dengan Pilkada 2017. Kursi Ketua DPD menjadi sangat strategis dan semacam tiket untuk bertarung memperebutkan posisi B1-B2. Intervensi pihak luar yang berkepentingan pun terbuka lebar. Namun, berharap itu semua terjadi pada Musda PKS sama saja menanti Godot seperti yang saya tulis di awal.

Godot adalah nama tokoh fiktif dalam pementasan drama karya Samuel Beckett dari Irlandia pada tahun 1952. Secara ringkas, Godot sedang ditunggu-tunggu oleh dua sahabat bernama Vladimir dan Estragon. Namun, kedua sahabat itu  tidak tahu siapa Godot dan untuk apa mereka menunggu. Sambil menunggu Godot yang tidak jelas dan tidak pasti itu, keduanya kerap ribut dan bertengkar.

Keributan itu adalah bagaimana cara menyambut Godot, mencarinya, dan apa yang bakal diucapkan pertama kali jika bertemu Godot. Akan tetapi, di antara mereka tidak pernah ada kata sepakat dan saling menyalahkan. Bahkan, sampai dua sahabat itu beruban dan meninggal dunia, mereka belum tahu kapan dan siapa Godot yang ditunggu itu akan tiba. Godot akhirnya hanya menjadi sebuah nama yang tak jelas siapa dan untuk apa ditunggu-tunggu.

Dalam konteks Musda PKS Kabupaten Bekasi, Godot dimaksud adalah tentang konflik dan intervensi. Bisa dipastikan, Anda tak akan mendapati kedua hal tersebut. Tak percaya? Datanglah ke Hotel Sakura untuk membuktikannya.

Oleh: Erwyn Kurniawan
Pengamat Politik Islam

 

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Musda PKS, Pilkada 2017 dan Menanti Godot "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM