Berita Terkini

Menu

Wakil Ketua DPR Minta Sinabung Jadi Bencana Nasional

sumut.pks.id, MEDAN - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fahri Hamzah, meminta pemerintah menetapkan bencana letusan Gunung Sinabung, yang terletak di Karo, Sumatera Utara, sebagai bencana nasional.

"Melihat dampak erupsi Sinabung yang masih berlangsung hingga saat ini, sudah saatnya pemerintah menetapkannya sebagai bencana nasional," kata Fahri dalam siaran persnya, Minggu 3 Mei 2015.

Hingga kini, erupsi Sinabung masih terjadi. Sejumlah warga di sekitar lereng Sinabung harus kehilangan rumah dan mata pencaharian mereka sebagai petani.

Menurut Fahri, itu yang harus dipikirkan oleh pemerintah. Kalau pun tidak, Fahri mendesak agar proposal terkait bencana itu segera ditetapkan.

"Dengan demikian, pemerintah pusat harus memberikan dukungan anggaran secara penuh. DPR juga akan mendengar dari Pemkab dan Pemprov, seperti apa proposal mereka," kata politisi PKS itu.

Fahri berjanji, kalau hingga kini pemerintah belum menetapkan sebagai bencana nasional, maka DPR akan mengupayakannya. Dengan begitu, akan ada alokasi dana pada APBN 2016.

"Bisa saja pemerintah tidak menetapkannya sebagai bencana nasional, dan mempercayakannya kepada daerah untuk menangani. Namun, jika hal itu dilakukan, maka sama saja membuat daerah yag terdampak erupsi Sinabung kelabakan," tuturnya.

Bagi Fahri, bencana Sinabung tidak bisa diserahkan sepenuhnya ke daerah. Untuk itu, perlu campur tangan pemerintah pusat.

"Selama ini, penanganan bencana tidak pernah tuntas. Selain itu, penanganan juga berlangsung secara sektoral," katanya. [viva]

 

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Wakil Ketua DPR Minta Sinabung Jadi Bencana Nasional "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM