Berita Terkini

Menu

DPR Desak Pemerintah Selamatkan Pengungsi Rohingya


sumut.pks.id, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, mendesak pemerintah untuk segera menyelamatkan para pengungsi Rohingya yang terdampar di wilayah Indonesia. Menurutnya, apabila pemerintah melakukan pembiaran terhadap para pencari suaka ini, besar kemungkinan akan merusak citra Indonesia di mata dunia.

"Saya baru saja menonton kutipan dari tayangan televisi yang menyebutkan bahwa ada pejabat yang melarang perahu orang Rohingya merapat ke dermaga dan ada juga pejabat yang menyatakan menerima mereka namun akan segera dikembalikan. Ada juga yang bahkan menolak mereka mendarat di perairan kita," ujar Fahri kepada Okezone, Minggu (17/5/2015).

Tidak adanya aturan tentang pencari suaka di Indonesia, kata Fahri, membuat sebagian pejabat tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk mengambil tindakan nyata.

"Ini dapat dimengerti, sampai saat ini memang Indonesia belum mengatur sama sekali ketentuan tentang para pencari suaka. Tetapi apakah itu bisa menjadi alasan untuk tidak melihat secara nyata penderitaan yang dirasakan oleh bangsa lain. Penderitaan mereka kasat mata, apakah kita sebagai bangsa berperikemanusiaan tega melihat derita mereka?," kata Fahri.

Oleh karenanya, sambung Fahri, DPR mendesak pemerintah untuk segera mengambil langkah nyata untuk bekerjasama dengan lembaga kemanusian internasional agar dapat menangani korban pencari suaka yang saat ini berada di depan mata.

"DPR meminta agar Presiden membuat regulasi sementara untuk memberikan kesadaran dan tindakan para pejabat dilapangan. Mungkin semacam Kepres tentang penanganan imigran dan pencari suaka," lanjutnya.

"Sebagai bangsa besar yang beradab jangan sampai Indonesia disamakan dengan negara-negara tetangga yang dengan alasan dalam negeri menolak menolong sesama manusia, karena ini tidak dapat diterima," tukasnya. [okezone]


Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " DPR Desak Pemerintah Selamatkan Pengungsi Rohingya "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM