Berita Terkini

Menu

Legislator PKS Jakarta Siap Perjuangkan dan Kawal Anggaran Musrenbang

pkssumut.or.id, JAKARTA – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) jangan hanya menjadi pepesan kosong dan sebagai ritual rutin untuk menggugurkan kewajiban atas Peraturan Daerah (Perda). Demikian sambutan yang disampaikan Anggota Komisi B yang menangani bidang Perekonimian DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Nasrullah di acara Musrenbang Tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat, di gedung Walikota Jakarta Barat, Rabu (1/4).

Lebih jauh Nasrullah menjelaskan, masyarakat sering mengalami kekecewaan terutama di tingkat RT dan RW, pasalnya ada usulan yang tidak terakomodasi karena dipotong batasan-batasannya dan ada yang tidak terealisasi, “Nah inilah dua kekecewaan masyarakat saat ini atas adanya forum Musrenbang ini,” jelas Nasrullah yang juga Sekretaris Fraksi PKS di DPRD DKI Jakarta.

Sebenarnya, masih menurut Nasrullah, Musrenbang ini forum usulan dalam penyusunan program pembangunan di APBD yang akan datang, dalam prosesnya APBD ada 2 jenis usulan, pertama dari atas ke bawah atau Top Down, dan yang kedua usulan dari bawah ke atas atau Bottom Up, “Yang terakhir ini ada di Musrenbang di tingkat RW, Kelurahan, Kecamatan kemudian terakhir di Walikota,” urai Haji Nas, begitu dirinya akrab disapa.

Usulan Musrenbang yang di Kelurahan dan Kecamatan jika sudah naik keatas yang diakomodasi hanya sedikit, namun tergambar alokasi anggaran riil sesuai kebutuhan masyarakat sekitar 8-10 miliar per kecamatan. Jika dihitung, per Kecamatan di alokasikan 10 miliar artinya di Pemprov DKI  hanya membutuhkan anggaran 440 miliar untuk 44 Kecamatan se-Jakarta, dan ini belum sampai 1 triliun, 


“Kenapa sampai hilang, kenapa tidak dilaksanakan, padahal ini rill yang bersentuhan langsung dengan pembangunan di masyarakat, harusnya ini diperjuangkan dan saya siap sebagai anggota dewan mengawal ini,” sambung Nasrullah tegas.

Kebutuhan riil ini tidak bisa mengandalkan Dinas-Dinas terkait dalam melaksanakan pembangunan, karenanya Pemprov DKI melalui Dinas atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nya hanya membuat program yang besar, yang kecil-kecil seperti misalnya jalan rusak di gang-gang kecil, jalan berlubang, dan sebagainya, yang dapat dijangkau pihak Kelurahan dan Kecamatan dengan Musrenbang ini, inilah sebenarnya kebutuhan mendasar pada masyarakat.

Dalam kesempatan Musrenbang tersebut Nasrullah juga menyampaikan permohonan maaf atas kasus-kasus yang selama ini terjadi dan terekam oleh warga Jakarta, karena salah satunya adalah masalah komunikasi pemimpin di Jakarta, komunikasi yang tidak bagus juga bisa mengakibatkan hubungan yang kurang baik dalam membangun pemerintahan bersama di Jakarta.

“Kita diajarkan untuk berkata yang benar, berkata yang lembut, jadi sebagai pemimpin yang sedang diamanahi untuk berkuasa juga tidak boleh seenaknya melontarkan cacian di depan publik, hal ini akan hilang rasa cinta dan percaya publik Jakarta kepada sosok pemimpin yang dipilihnya,” demikian Nasrullah.

Dalam Musrenbang yang berlangsung di Gedung Walikota Jakarta Barat ini, dihadiri pula Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, para Lurah dan Camat, LMK dan Tokoh Masyarakat se-Jakarta Barat.


Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Legislator PKS Jakarta Siap Perjuangkan dan Kawal Anggaran Musrenbang "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM