Berita Terkini

Menu

Basyir Usulkan Letak Counter Airlines di Bandara KIA Berdekatan


pkssumut.or.id, MEDAN - Basyir, SE mengusulkan agar counter dari masing-masing Airlines yang nantinya akan dibuat di Bandara Kualanamu International Airport (KIA) agar letaknya berdekatan antara satu maskapai dengan maskapai lainnya. Hal ini diungkapkannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (3/2/15) di Gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini sehubungan dengan akan ditutupnya sales counter penjualan tiket secara manual pertanggal 15 Februari 2015. “Counter letaknya saling berdekatan, sehingga memudahkan masyarakat,” ujar Basyir mengusulkan saat RDP Komisi D dengan PT Garuda Indonesia Airlines, PT LION Airlines, PT City Link Airlines, PT Sriwijaya Airlines, dan PT Air Asia Airlines.

Menanggapi hal ini Saiful mewakili PT Air Asia Airlines mengatakan bahwa itu merupakan otoritas dari PT Angkasa Pura. “Relokasi itu otoritas dari PT Angkasa Pura,” ujarnya.

Dalam RDP tersebut pihak Airlines juga mengeluhkan tentang tarif Baggage Handling System (BHS) yang ditetapkan oleh PT Angkasa Pura II per Februari 2015. Adapun besaran tarif angkutan udara dalam negeri sebesar Rp 10.000 per penumpang belum termasuk PPN dan untuk angkutan udara luar negeri dikenai tarif sebesar $1,5 per penumpang. Pihak Airlines meminta agar kebijakan ini bisa ditinjau kembali.

Menanggapi hal ini Basyir politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini meminta agar pihak maskapai untuk melayangkan surah keberatan, dengan alasan penjualan tiket sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. “Ini menyebabkan beban konsumen tinggi,” ujanya.

Basyir juga mengatakan beban ini memberatkan penumpang, apalagi BHS ini juga diberlakukan bagi penumpang yang tidak memiliki bagasi. Tentu ini sangat memberatkan. Belum lagi Bandara Kualanamu International Airport termasuk airport tax tertinggi di Indonesia.

Sedangkan untuk kebijakan tentang pemeriksaan kesehatan bagi pilot yang akan flight, Basyir sangat mendukung hal tersebut. “Ini menyangkut keselamatan penumpang”, ujarnya.

Dalam rapat yang dilakukan pagi tadi, Komisi D DPRD Sumut meminta agar seluruh Airlines memperbaiki kualitas pelayanan sehingga baik, aman dan nyaman, melakukan maintenance secara priodik, Komisi D akan menyampaikan ke pihak PT Angkasa Pura agar membangun tempat pembuangan limbah sisa bahan bakar avtur, serta meminta agar pihak Airlines meminimalkan delay pesawat yang saat ini sering dikeluhkan masyarakat. [nnd]

 

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Basyir Usulkan Letak Counter Airlines di Bandara KIA Berdekatan "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM