Berita Terkini

Menu

Antisipasi Peredaran Miras, Komisi C Desak Disperindag Awasi Minimarket di Kota Medan


pkssumut.or.id, MEDAN - Komisi C DPRD Kota Medan mendesak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk melakukan pengawasan minimarket (warung modren) dan warung-warung tradisional di Kota Medan  guna mengantisipasi penjualan minuman keras (miras). 

Desakan itu disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kota Medan, H Salman Alfarisi Lc MA, didampingi anggota Drs Herri Zulkarnain MSi, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan, Selasa (3/2).

Salman menyebutkan, dalam Peraturan Walikota (Perwal) No. 12 tahun 2011 mengatur tentang pendistribusian miras dimana miras hanya boleh beredar di hotel, karaoke dan sejumlah lokasi hiburan lainnya.

“Karena itu, kami minta ketegasan Pemko  Medan dalam hal ini Disperindag untuk melakukan pengawasan ketat  pada gerai, toko moderen, supermarket, mini market dan warung  serta menindak mereka yang menjual minuman keras,” ujar Salman
yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Meski demikian, ungkap Salman, keberadaan Perwal Nomor 12/2011 juga tidak memiliki landasan yang kuat sebab, Perda nomor 15/1998 yang menjadi pedoman keluarnya Perwal sudah distanvaskan.

“Jadi tidak ada landasan hukum baru dalam pelaksanaan Perwal itu. Karena itu, kedepan Komisi C bersama counterpart-nya akan melanjutkan   proses pengajuan  Rencana  Peraturan Daerah (Ranperda) minuman keras (miras) dan beralkohol yang drafnya mulai disusun tahun 2012 lalu,” tukasnya.

Dikatakannya, Perda ini harus lahir guna kenyamanan warga Kota Medan sebagai kota yang religius dan.Senada dengan itu, Herri Zulkarnain, setuju dilahirkannya Perda Miras.“Kami minta kutipan retribu si miras dinaikkan guna menambah PAD Kota Medan,” tukasnya.

Sebelumnya Kadisperindag Kota Medan, Syahrizal Arif, mengutarakan dalam pengawasan miras pihaknya masih berpedoman pada Perwal Nomor 12/2011 lalu. “Sedangkan retribusi pada Perda Nomor 15 tahun 1998,” tukasnya. [starberita]


 

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Antisipasi Peredaran Miras, Komisi C Desak Disperindag Awasi Minimarket di Kota Medan "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM