Berita Terkini

Menu

Pengamat: Jokowi Harus Tinjau Ulang Kenaikan BBM


pkssumut.or.idJAKARTA - Pengamat politik Universitas Islam Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta, Pangi Sarwi Chaniago menyarankan Presiden Joko Widodo sebaiknya meninjau ulang rencana menaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Presiden harus memikirkan rakyat miskin yang akan terkena dampak kenaikan bahan bakar minyak apalagi kita sepakat mendirikan negara ini dengan mengedepankan prinsip kemakmuran dan kesejahteraan," kata Pangi di Jakarta Ahad.

Menurut dia, jika anggaran subisidi bahan bakar minyak sebesar Rp246,5 triliun dicabut, maka semua barang kebutuhan pokok akan naik dan ini akan membebani rakyat.

"Pemerintah jangan mengambil jalan pintas dengan menarik subsidi bahan bakar minyak karena dampaknya tidak main-main akan membuat masyarakat yang sebelumnya tidak miskin menjadi miskin," kata dia.

Pangi memberikan solusi yakni pemerintah dapat melakukan penghematan pada sektor lain serta terus meningkatkan pendapatan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui sumber-sumber lain seperti menaikan pajak perusahaan asing.

Selain itu langkah yang dapat diambil adalah mengurangi produksi kendaraan karena ini merupakan penyebab meningkatnya anggaran subsidi bahan bakar minyak. "Yang lebih penting adalah menuntaskan persoalan mafia bahan bakar minyak dan menekan kebocoran dalam produksi BBM," katanya.

Ia mengatakan sudah seharusnya Presiden Joko Widodo menunda niatnya menaikan harga BBM, karena ia adalah pemimpin yang lahir dari rakyat sebagaimana jargon yang selama ini diusung saat kampanye. [ROL]

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Pengamat: Jokowi Harus Tinjau Ulang Kenaikan BBM "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM